Senin, 17 Oktober 2011

Timnas U-23 Kembali Menuai Hasil Positif


JAKARTA – Timnas kembali menuai hasil positif di partai ujicoba malam ini menghadapi Persiba Bantul. Kali ini Andik Vermansyah dkk sukses mengantongi kemenangan3-2. Dua tim sebelumnya juga pernah bertemu, dan berakhir imbang 1-1.

Sejak menit awal, Timnas U-23 memainkan tempo cepat dalam membangun serangan mengandalkan Ramdani Lestaluhu. Tapi kekurangsabaran, membuat serangan Garuda Muda terkesan monoton dan minim kreasi sehingga selalu kandas.


Sebaliknya, Persiba Bantul terlihat lebih rapih. Wahyu Wijiastanto dkk lebih sabar membangun serangan. Namun, sejumlah peluang yang mereka dapat di antaranya melalui Ezequiel Gonzales, belum membuahkan hasil.

Di Babak kedua, RD melakukan perubahan dengan memasukan di antaranya Diego Michiels, Okto Maniani dan Abdurahman. Dan di paruh terakhir, Lukas Mandowen juga masuk mengisi lini serang.

Timnas yang diproyeksikan untuk merebut emas di ajang SEA Games, November ini kembali memainkan sepak bola cepat, di awal paruh kedua. Hasilnya peluang dikemas anak asuh RD melalui Andik Vermansyah. Tapi penyerang Persebaya 1927 ini gagal meski sudah tinggal berhadap-hadapan dengan kiper Persiba Bantul.

Ketajaman Andik kembali diuji saat lepas dari jebakan offside pemain belakang Persiba. Dan kali ini, pemain mungil ini melakukan placing ke pojok gawang, sehingga kiper Wahu Tri Nugroho tidak bisa berbuat banyak dan harus rela menyaksikan gawangnya koyak di menit 51.

Unggul 1-0, Timnas U-23 semakin menguasai pertandingan. Persiba Bantul lebih banyak menunggu dan melakukan serangan balik untuk mengejar ketertinggalan.

Timnas sempat menciptakan peluang melalui Okto, tapi upayanya masih menemui jalan buntu. Indonesia memperbesar keunggulan melalui Titus Bonai, empat menit berselang setelah striker Persipura itu mendapat sodoran dari Diego Michiels.

Unggul 2-0, lini bertahan Merah-Putih lebih santai. Situasi ini dimanfaatkan oleh Persiba Bantul dengan baik. Melalui umpan Gonzales dari sisi kanan pertahanan Timnas U-23, Cornelis Kaimu yang tak terkawal sukses melesakkan bola dengan sekali sentuhan sehingga kedudukan berubah 2-1. Tapi kedudukan ini tidak bertahan lama karena di menit 79, Titus Bonai berhasil menambah pundi-pundi gol timnas sehingga kedudukan 3-1.

Memasuki injury time, Timnas U-23 kembali kecolongan setelah Emanuel Cirstori meneruskan bola umpan yang mengarah ke gawang dengan sundulan. Bola yang datang tak terduga ini tidak mampu diantisipasi dengan baik oleh pemain Timnas. Kedudukan 3-2 untuk keunggulan Timnas Indonesia bertahan hingga akhir pertandingan.

Di pertandingan sebelumnya menghadapi Persikabo Bogor, Timnas U-23 juga unggul 2-0. Namun RD mengaku belum puas atas penampilan anak didiknya. Serangan Garuda muda dinilai masih terlalu monoton dan terburu-buru. Timnas U-23 selanjutnya dijadwalkan melakoni laga ujicoba menghadapi timnas Pakistan dan Timor Leste.

Line up Timnas U23: A Ardhiyasa, Nanak N. Wahyu Gunawan Dwi Cahyo, Stevie Bonsapia, Hasim Kipuw, Joko Sasongko, Mahardiga Lasut, Ramdani Lestaluhu, Zulham Zamrun, Yongki Aribowo (c), Patrick Wanggai.

Line up Persiba Bantul: Wahyu Tri Nugroho, Wahyu Wijiastanto, Eduardo, Nopendi, Anwarudin, Arwin, Busari, Slamet Nurcahyo, Ezequiel Gonzales, Ugik Sugiyanto, Cristori Emanuel.
(acf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar